[post-titipan] Aplikasi BlackBerry Untuk Ibadah


ada temen yang nitip posting untuk tugas kuliahnya.. berikut isinya:

Aplikasi BlackBerry Untuk Ibadah

orang_sholat

Bulan Ramadhan merupakan bulan penuh rahmat dan ampunan sehingga sangat tepat untuk memperbanyak ibadah. Banyaknya aktivitas yang masih berlangsung di bulan Ramadhan terkadang membuat kita lupa akan kewajiban beribadah, terutama sholat. Kejadian ini biasanya dialami oleh mereka yang sangat mobile dalam beraktivitas. Untuk itulah BlackBerry tampil sebagai smartphone yang bersahabat dengan aplikasi pengingat waktu sholat dan bacaan sholatnya.

BlackBerry sebagai salah satu smartphone memang identik dengan aplikasinya yang mampu menjalankan fungsi smartphone dimana sebelumnya tidak terdapat di dalam default. Aplikasi yang sudah dirancang di dalam smartphone yang bersangkutan tentu saja memudahkan pengguna untuk mencari dan mendowload aplikasi yang diinginkan tanpa perlu membuka Google atau YouTube atau media download lainnya. Feature di BlackBerry tidak kalah dengan Android yang juga menyediakan aplikasi ibadah.

Di dalam BlackBerry juga ada aplikasi ibadah yang menghadirkan feature lebih lengkap, diantaranya :

Prayer Time

Sesuai dengan namanya, aplikasi gratis yang satu ini menyuguhkan informasi tentang waktu sholat 5 waktu dengan bunyi alarm tanpa suara adzan. Meskipun begitu, aplikasi ini mempunyai kelebihan yaitu menghadirkan waktu sholat di 24.000 negara serta menunjukkan arah kiblat dan jarak kiblat dari lokasi kita berada. Dengan memori hanya 43 KB, rasanya aplikasi ini wajib ada di BlackBerry Anda yang tidak ingin tertinggal waktu sholat tiba. Caranya dengan scan QR code dari appworld di BlackBerry Anda atau mengetik keyword langsung dari aplikasi yang bersangkutan.

Prayer Adhan

Berbeda dengan prayer time, pada prayer adhan waktu sholat ditAndai dengan suara adzan yang terdengar dari smartphone Anda. Kelebihannya lagi, kita tidak perlu menyetting suara adzan karena otomatis ditentukan tanpa setting lokasi untuk menentukan waktu sholat. Kelebihan ini tentu saja bermanfaat bagi para traveller yang berada di beberapa tempat yang biasanya kesulitan menentukan waktu sholat setempat. Aplikasi yang memakan memori 1019 KB ini dapat diperoleh dengan scan QR dari appworld blacberry Anda atau mengetik keyword dari aplikasi yang bersangkutan.

Pray Time

Pray time tidak berbeda jauh dengan dua aplikasi di atas, hanya saja waktunya lebih spesifik yaitu hanya sebatas di wilayah Indonesia saja. Kelebihannya lagi, aplikasi ini tidak membutuhkan koneksi internet sehingga tidak menghabiskan memori internet Anda. Namun sayangnya kelebihannya tersebut membutuhkan memori yang besar sehingga hanya dikhususkan bagi pengguna BlackBerry playbook dan BlackBerry 10 saja.

bb

SalatMK

Aplikasi salatMK menyuguhkan informasi yang lebih luas lagi. Yaitu waktu sholat 5 waktu dengan pilihan adzan yang lebih dari satu atau hanya getar, kalender hijriah dengan dilengkapi hari besar Islam, serta arah kiblat dengan deteksi lokasi otomatis yang dapat dilakukan dengan menggunakan 4 cara yaitu Cell Tower, GPS Assisted, GPS dan Manual. Memori yang diperlukan untuk mendownload aplikasi ini adalah sekitar 608 KB.

Islamic Content

Aplikasi Islamic Content menyeguhkan informasi yang lebih lengkap dibandingkan dengan aplikasi di atas, yaitu pengingat waktu sholat, penunjuk kiblat, kalender Islami, dzikir harian, penunjuk lokasi masjid, kalkulator zakat, shalawat Nabi, berbagai doa sholat 5 waktu beserta niatnya, serta Al-qur’an digital.

Teman Ibadah

Teman ibadah merupakan aplikasi buatan anak negeri yang menyuguhkan informasi seputar Quote of the day, kisah religi, doa harian, kisah harian, tanya jawab seputar masalah Islam, informasi masjid atau mushola terdekat, informasi mudik, menyimpan jadwal Islami, digital wirid, jadwal imsak, Al-qur’an digital dan dapat juga digunakan untuk memposting kegiatan Islami yang Anda lakukan langsung ke twitter atau facebook. Aplikasi ini menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantarnya.

 Islamic Pocket Guide

Aplikasi Islamic Pocket Guide ini sebenarnya hampir sama dengan aplikasi Teman ibadah, bedanya hanya bahasa yang digunakan dalam aplikasi ini bahasa Indonesia. Selain itu feature yang disuguhkan juga lebih bervariasi yang meliputi pengingat waktu sholat 5 waktu dengan pilihan suara adzan, suara manusia, ringtone atau pilihan nada lainnya, penunjuk arah kiblat dengan cepat menggunakan GPS, berbagai tulisan tentang Islam ke pengguna aplikasi lain yang tergabung dalam IPG community, jadwal imsak dan waktu sholat, perhitungan mundur sebelum masuk waktu sholat. Kelebihan aplikasi ini adalah tidak terlalu boros baterai meskipun menghabiskan memori yang lumayan besar. Namun manfaat yang dirasakan dari aplikasi ini sangat berguna bagi penggunanya karena lengkap.

Saya berharap informasi-informasi diatas dapat membantu Anda supaya bisa beribadah dengan lebih nyaman menggunakan perangkat ponsel Anda.

Selamat mencoba dan jika Anda suka dengan artikel ini silakan di klik suka (like) atau berikan komentar Anda di kotak komentar yang tersedia. Saya ucapan terima kasih atas kunjungan, kritik atau sarannya.

.

Penulis:

Nama: Nina Lia
Pekerjaan: Mahasiswi di Politeknik
Hobi: Membaca, Olahraga, Nonton Film dan Makan
Email: ninokikira@gmail.com
Blog: http://ninokikira.wordpress.com/

  1. Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: