Noise Removal Tutorial using Audacity


bismillah..

Terkait kerjaan jadi koordinator tim teknis di radiopengajian.com , gua coba bikin tutorial buat ngilangin noise. Prosesnya sederhana, dan juga murah meriah ternyata.. cuman perlu pake aplikasi gratisan Audacity .. waah.. mantab🙂  *excited mode gak jelas*

Yang lebih ribet, adalah proses perekamannya, konversi, bersihin noise, dan akhirnya upload… ngabisin waktu lebih dari 5 jam..😛

itu jg karena memang masih coba2, jadi ada yang gagal.. hehe

Begini ceritanya.. *gaya di tv*

1. Rekam layar komputer + suara

Lingkungan yang digunakan adalah Ubuntu 10.04, maka digunakan pula software rekam yang cocok dengan linux. Pernah coba rekam pakai XVidCap waktu simulasi project kemarin, cukup memuaskan dan file hasil konversi sudah dalam bentuk .mpeg , sehingga mudah di-upload ke youtube. Namun, memang rekaman suara dari microphone masih belum berhasil, dikarenakan input setting dari XVidCap menggunakan OSS sound driver, bukan menggunakan ALSA mixer. Hasilnya, bermasalah di ubuntu ini, dan suara pun tidak terekam.

xVidCap

Setelah berjibaku dengan google.. dan uninstal default version dari repo lucid, dan pake versi dari jaunty, gua akhirnya nyerah… -___-”

Gua akhirnya pake record-my-desktop, dengan versi yg berantar muka gtk-record-my-desktop. Kelemahannnya adalah hasil rekamannya berformat OGV (OGG Vorbis Video), yang sangat bermasalah ketika gua upload ke youtube atau pun situs video2 lainnya.. :S
Tapi itu kita pikiran lagi nanti deh, sekarang yg penting hasilnya ada dulu, dan video tutorial gua kelar.

gtk-record-my-desktop

Rekaman pun dilakukan… sekitar 10 menitan lebih .. selesai.. mulai converting dari raw video ke format OGV oleh aplikasi record-my-desktop tadi…

dannn..

aaah.. storage gua abiiiiiissssssss NOL byte tersisa..

ini gara2 gua kebanyakan nyampah.. :S .. donlot2 gak jelas..

akhirnya, konversi berhenti tengah jalan, kayaknya malah ngerekam tadi itu sama sekali gak kesimpen, tapi si aplikasi gak ngomong apa2 soal error.. dudul.. gua ngomong panjang lebar jelasin barusan just for nothing.. huehue…

Gua bersih2.. dan ngerekam ulang..

😀

selesai.. alhamdulillah..

hasilnya agak beda ama yg pertama, tapi gpp lah.

oya, lupa nambahin, untuk ganti input suara rekaman dari mic dan speaker komputer (loop-back), maka gunakan PulseAudio Volume Control, bisa dicari di google.. huehue… berikut screenshot-nya:

PulseAudio Volume Control

2. Konversi file ke MPEG

Untuk menangani masalah upload yang tidak bisa di-play di youtube (tidak dikenali), maka gua coba lakukan konversi.

Pilihan pertama adalah menggunakan handbrake, program yang terkenal mumpuni menangani banyak konversi gua selama ini..

handbrake

Dan.. berhasil.. tanpa ada masalah terlihat. Namun, ternyata di bagian awal2.. :S seperti kehilangan key frame.. cuma ada gambar diam selama 1.5 menit.. aaah.. what should I do..??

hm…….

gua googling lagi.. ada cara buat convert OGV jadi mp4, dengan menggunakan “Arista Transcoder” .. alhamdulillah.. lancar..

hufff….

sekarang.. bisa gua playback dengan lancar..🙂

tapi.. ada satu masalah lagi.. soal suara gua yang terlalu kecil, karena gua ngerekam dini hari di lab, jadinya takut ganggu anak laen yg ada di lab istirahat..

3. Audio enhanancement

Pertama, suara dipisah dulu dari file videonya menggunakan ffmpeg:

$ffmpeg -i <video file> <audiofile>.mp3

Lalu, dilakukan filtering noise sesuai tutorial di atas.. hehe, praktek lagi.

Untuk suara yang kecil, gua ngelakuin leveling suara di menu “Effect-Level”. Namun sebelumnya.. ada bagian2 yang gua pengen kecilin, karena itu bukan dari suara gua, tapi suara dari komputer, nah itu”Amplify” di menu “Effect->Amplify” dan gua set jadi minus alias amplitudo bakal berkurang. Terus dilakukan pada beberapa bagian rekaman yang kelihatan mencolok supaya volume suaranya stabil. Begitulah.. hehe

selesai, simpen deh file mp3-nya.

4. Replace audio track

Tahapan berikutnya, menggabungkan audio yang sudah “bersih” dan diperbesar suaranya tadi dengan video-nya. Itu dilakukan dengan ffmpeg jg, perintahnya :

$ffmpeg -i <input video> -i <iput suara> -map 0.1:1 -map 1:0 -f mp4 -vcodec copy -acodec copy <output video>.mp4

*catatan : parameter -map dimodifikasi sesuai kebutuhan.. intinya lihat dulu property dari video-nya ada di track berapa, dan audio di track berapa.

Selesai dilakukan, siap luncur..😀

5. Upload video

Pilihan jatuh ke vimeo, karena gua gak mengalami error waktu upload sebelumnya. Di youtube, ada aja yg aneh.. video yg framerate 15 dikencengin ama dia.. jadinya ancur.. -__-”

…………………………….

anyway.. gitu deh.. bisa diakses videonya langsung di sini:

http://vimeo.com/22631612

Terus, ini adalah comment gua waktu ngasih link video itu ke kru radiopengajian.com:

Untuk melakukan editing file audio, semua bisa dilakukan di Audacity, termasuk cutting dan merging. Bisa dilihat pada manual Audacity http://manual.audacityteam.org

Terkait Noise removal, saya sudah mengupload video tutorial di http://vimeo.com/22631612

intinya.. dilakukan sampling terhadap noise dahulu pada daerah di mana seharusnya tidak ada suara, namun ada noise yang muncul. Lalu, dilakukan filtering berdasarkan pola noise tersebut.

Perhatikan untuk parameter “Noise Reduction (db)” diatur sesuai kebutuhan. Bila terlalu rendah, noise tidak hilang, tapi bila terlalu besar.. merusak rekaman. Cek lagi kualitas rekaman setelah selesai melakukan konversi.

Terkait export file mp3 yang malah menjadi sangat besar, hal itu karena bitrate yang dipilih adalah “default” yaitu 128kbps, padahal sumbernya memiliki bitrate hanya 32kbps. Pada saat mengeksport file mp3, klik “Option” yang akan memberikan window untuk memilih bitrate yang diinginkan. Lebih jelasnya, lihat di video di dekat2 akhir.

Referensi lanjut:

http://manual.audacityteam.org/index.php?title=Noise_Removal

http://www.geeks.com/techtips/2006/techtips-10dec06.htm

,

  1. Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: