Saluran Keluhan Kepada Pemerintah Korea


bismillah..

Orang korea yang gua temui Alhamdulillah baik2.. cuma beberapa kali ketemu orang korea yang mengesalkan.. misalnya Ajossi yg jualan di pasar.. kalo ditawar dia malah marah2.. hehe

Pernah sekali waktu gua lagi nunggu bis di Eumbong pagi2, setelah gua nginep di tempat rekan pekerja.. tiba2 ada mobil van yang berhenti di pinggir.. setelah melewati gua, lalu mundur.. dan supirnya nanya.. “odi e kayo?” gua jawab.. “onyang oncong yok” … dia bilang.. “ta” artinya.. “naiklah”

yang nyupir ajumma, mungkin umur sekitar 40-an.. sempet ngobrol2.. tapi korean gua yg pas2an cuman bisa nangkep sedikit.. intinya dia sih kerjanya nganter2 gitu.. terus tinggalnya di apate deket stasiun onnyang. Gua diturunin di depan terminal bus ekspress onnyang, lebih deket buat nunggu bis 970 menuju kampus.

Ada manis asem asinnya tinggal di korea.. kalo lagi asem.. lu berharap lu gak ngerti apa yg mereka omongin.. dalem soalnya omongannya kalo lagi marah.. hehe

Gua pernah jg ngurusin Home Tax.. di cheonan. Jadi, kita bisa claim tax pendapatan kita yg dipotong dari uang pemasukan kita tiap bulan. Lumayan, terakhir gua dapet 400 ribu won.. hohoho.. alhamdulillah banget. Adanya sekitar bulan mei.. dan duit akan ditransfer sekitar bulan juni. Petugasnya baik banget.. kita dibantu semuanya, meski gua musti dateng untuk kedua kalinya ke tempat itu karena detail pendapatan gua blom lengkap.

Ada lagi lain waktu, gua dateng buat melakukan medical check up.. dibantu dengan baik… terus.. gua pernah ngurusin handphone. dibantu jg.. hehe.. mereka baik2..🙂

Tapi.. bilamana ada yg merasa kurang dihargai dalam pelayanannya.. bisa melakukan komplain ke alamat ini..

http://www.epeople.go.kr/jsp/user/on/eng/HowPetition_IDN.jsp *bahasa Indonesia*

http://www.epeople.go.kr/jsp/user/on/eng/HowPetition_USA.jsp *bahasa Inggris-US*

Ada beberapa bahasa tersedia.. Inggris, China, Jepang, Vietnam, Myanmar, Indonesia dan Thailand.

Semoga bisa membantu teman2 untuk menyalurkan suatu titik ketidak puasan dalam pelayanan dari pemerintah korea..🙂

,

  1. Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: