Permainan Tradisional(2) : Tak Jongkok


bismillah..

Biasa dimainkan di tengah hari yang panas, atau sore hari yg cerah..🙂

Tak Jongkok.

.

Setelah kemarin kita membahas Tak Benteng.. kali ini kita akan bahas soal Tak Jongkok.. permainan yang tidak pernah lagi saya lihat sejak saya lulus SMP.

entah ke mana…😦

.

Sesuai namanya.. Jongkok, maka permainan ini melibatkan aksi jongkok.. kalau ada yg tidak mengerti apa itu jongkok.. silahkan dicari di google, atau.. berikut adalah poto anak kecil sedang jongkok :

hehe.. ya.. begitulah orang jongkok..

kadang dipakai juga istilah “IQ Jongkok” … eits.. dah OOT.. hahaha..back to topic.

Terus, kata “Tak” itu kayaknya cuma nandain deh.. kalo itu adalah permainan.. misalnya.. Tak Jongkok, Tak Benteng, Tak Umpet, Tak Loreng.. de el el.

Ada juga sih yang nulis “Petak” atau pun “Tap” seperti di link ini.. link

Tak Jongkok ini dimulai dengan gambreng. Coba lihat di post gua sebelumnya kalo belum tau apa itu gambreng..😀 di sini

Setelah tersisa dua orang.. tidak mungkin lagi melakukan gambreng, maka dilakukan suit. Seperti halnya permainan batu-gunting-kertas. Maka suit ini menggunakan jempol (ibu jari) – telunjuk – kelingking . Jempol diibaratkan gajah, telunjuk itu manusia, dan kelingking semut. Gajah ngalahin manusia (jempol ngalahin telunjuk), manusia ngalahin semut (telunjuk ngalahin kelingking) dan semut ngalahin gajah (kelingking ngalahin jempol).

Yang kalah dalam proses suit itu, maka akan berstatus “Jaga” alias jadi orang yang “terkutuk” hahahha..

Gak, gak separah itu.. tapi posisi jaga mang gak ada yg mau sih.. nah.. si yg jaga itu, akan terlepas dari kutukan saat iya menyentuh pemain lain. Makanya.. pemain lain akan berlari menghindar dari si yang jaga itu..

Permainan berakhir kalau sudah capek.. huehue…

Nah.. di mana kah fungsi dari jongkok itu? kalau seseorang sudah lelah dikejar.. atau sekedar ingin terlepas dari kejaran.. maka dia bisa jongkok. Orang yang jaga tidak akan mempunyai pengaruh terhadap dia saat disentuh.

Yang jadi masalah adalah saat semua orang ingin jongkok.. hahah .. ini biasa gua lakuin kalo lagi maen.. bikin satu orang jadi korban..😀

Orang yg terakhir masih dalam posisi berdiri.. maka dia tidak boleh jongkok. Kalau dia jongkok, maka statusnya akan jadi “Jaga” dan gantian mengejar.

Nah.. gimana status orang yg jongkok itu? orang yg jongkok itu gak bisa tiba2 bangun dan berlari lagi.. tapi dia harus disentuh orang yang statusnya sedang berdiri. Kalau seseorang tiba2 bangun dari jongkok, maka dia akan jadi “Jaga”.

Lucunya.. kalau orang yg berdiri dan yg sedang jaga kerja sama.. dia akan nyentuh seseorang yg sedang jongkok.. lalu yg jaga akan nyentuh orang yg baru saja disentuh tadi dari posisi jongkok. Jadilah dia jaga.. huehue… kesian.. apalagi kalo dia gendut..😛

Waktu gua kecil.. ada temen yg cepet banget larinya, namanya Febri.. beda satu huruf namanya ama gua. Dia suka nawarin dirinya buat “Jaga” dan dia bakal ngejar anak lain buat dibikin jadi jaga..😀 thnx my friend..

Orang yg lagi jongkok jg.. gak boleh dipaksa berdiri.. Tapi kesian jg kalo dia dibiarin jongkok terus.. jahat bener temen2nya..😛 *pernah jg kejadian*

Orang yg jongkok jg gak boleh duduk.. enak ajeeee lu

Unsur kejujuran jg penting.. kan “tersentuh” atau gak-nya gak ada yg tau selain dua orang itu.. maka harus jujur..

Oke, gitu aje gua share-nya.. Tak Jongkok..  gua kangen.🙂

Berikut video dari youtube.. enjoy..

+ update +

gua jadi inget soal bangun berantai..

jadi, saat banyak yg jongkok, kita akan saling mendekat sambil terus jongkok.. berpegangan tangan.. dan saat satu orang disentuh, semua akan bangun.. kereeen..😀

, ,

  1. Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: