Selamat Hari Pahlawan kawan..


bismillah..

it has been a long time since my quite long post. hehe…

udah telat pula buat mosting yg namanya hari pahlawan.. 😀 kemaren, waktu tanggal 10 November… 🙂

Tahukah kamu kawan? pedulikah? :S

namanya.. perang di surabaya kalo di wikipedia.. http://en.wikipedia.org/wiki/Battle_of_Surabaya

.

Pertempuran berlangsung sekitar 3 minggu… meleset dari perkiraan tentara Inggris yg cuma 3 hari. Perjuangan pun makin meluas dan massa makin banyak yg bergabung, ratusan ribu..

Korban jatuh di pihak Indonesia sekitar 6000-an orang… itu yg tercatat, bisa jadi lebih. Dari pihak Inggris hanya sekitar 600 orang. Akhirnya Inggris menyerah..

Kalo gua ada di kondisi saat itu.. apa yg bakal gua lakuin yak? gua kabur, atau ikut perang..? gak tau jg deh.. :S
Bagaimana dengan kamu kawan?

Menurut gua sih.. manusia cuma akan jadi sekedar “menjalani hidup” kalo gak ada sesuatu yg berarti yg dia pegang. Suatu yg “berarti” itu, bisa berbeda2.. bisa jadi suatu hal yg tidak berarti bagi satu orang, bakal berarti bagi orang lain.. dan sebaliknya. Gua amat menghargai orang yg bisa sebegitu konsistennya dalam berpegang teguh pada sesuatu yg dia yakini, meski itu tidak begitu benar.

Bahkan.. hingga menawarkan nyawanya kawan..

Langkah akan begitu meringan.. saat melangkah. Di situlah kita tau, kita berada di tempat yg benar.

Kalo ragu.. mending mundur aja.. hehe…

Ini sering kejadian, kalo gua ngelakuin sesuatu.. dan itu salah. Hati gua akan teriak.. “SALAH!!! STOP IT” , sama kayak waktu si arfan naek kereta gak pake tiket.. hatinya gak tenang.. :))

Alhamdulillah.. dari kecil, yang namanya nyontek waktu ujian jauh sekali dari bayangan.. gua malah merasa bersalah waktu dulu disuruh guru sejarah buat saling mencontek.. >.< .. apa esensinya ujian kalo jawabannya sama semua satu kelas… dududududul.

Gua bohong.. atau ngomong hal yg salah, selalu mengganjel .. akan membuat gua meledak pengen ngoreksi. Sayangnya, kalo gua nemu sesuatu hal yg salah juga ama sesuatu ama orang.. gua sering ngomong gitu aja.. gak merhatiin perasaan lawan bicara gua.. tapi sekarang2 sih udah mulai bisa bermain kata2.. 🙂

hoo.. jadi melenceng ke soal nyontek2an. kkk …

Intinya, peperangan dan pengorbanan besar gak bakal dilakuin tanpa keyakinan yang juga besar.. Mungkin dalam pandangan para pejuang di Surabaya waktu itu, harapan akan Indonesia yang indah, penuh dengan senyum dan tawa, anak dan cucu mereka akan hidup penuh kecukupan.. hanya bisa terjadi dalam alam Indonesia yang merdeka. Mereka tersenyum saat timah2 panas itu mendarat di dada mereka.. menarik hak hidup mereka. Mereka hidup berpijak pada harapan akan kebahagiaan. *halah ngomong apa sih gua*

.

Kembali ke sekolahan.. gua paling inget ama “Bung Tomo” dengan quotenya ” … yang merobek-robek..” 🙂

Semangat makin berkobar ketika dia berbicara di radio2.. membakar  jiwa2 yang merindukan akan kemerdekaan. Gelar Pahlawan nasional baru diberikan pada tahun 2008 yang lalu, masih baru memang.. ini karena zaman orde baru orang2 yg sedikit protes ama pemerintah aja langsung di penjara.. :S zaman Soeharto tuh..

Pahlawan = Pahala wan = orang yang mencari pahala ?

mungkin itu bisa jadi arti pendekatannya. Mencari sebuah penghargaan tertinggi di mata Tuhan.

tapi, kalo kita telusurin asal kata “Pahala”, bisa jadi dari kata “Valhala” alias syurga..

Valhala-wan = orang yang mencari syurga

Orang yg merindukan syurga.. menarik memang, syurga itu suatu tempat yg bisa kita rindukan tanpa pernah ke sana.. kkkk

Syurga di mana sungai2 mengalir di bawahnya…. tempat yg diimpikan semua orang… 🙂

um.. mungkin gitu aja.. postingan gua kali ini ngalor ngidul.. hahahaha…

pertanyaan terakhir.. mungkin bisa dijawab di komen.

.

Mau kah engkau jadi Pahlawan kawan?
Pahlawan seperti apa?

.

.

.

NB: duh.. pake “kawan” segala di postingan ini.. hahaha

*update*

untuk menambah bobot post ini.. berikut video pidato dari Bung Tomo.. 🙂

  1. Leave a comment

Leave a Reply

