Ubah username di Mac


bismillah..

Env: Leopard 10.5.8 @ Macbook white akhir 2008

Disclaimer: Penulis tidak bertanggung jawab apabila ada kegagalan atau kehilangan data.

Ada dua tingkat perubahan pada username di mac. Skenario yang kita gunakan adalah perubahan user “hihi” menjadi user “haha”, dan direktori home “hihi” menjadi direktori home “haha”.

1. Yang pertama adalah perubahan username untuk login. Masuk ke “System Preference”->Accounts . Akan muncul daftar user yang ada di mac. Untuk merubah username login, pilih user yang diinginkan dan ubah field “User Name” yang ada di halaman tersebut. Misalnya, dari username “hihi” menjadi “haha” . Selesai.

Jangan lupa untuk melepaskan “kunci gembok” yang ada di bagian kiri bawah, agar perubahan dapat tersimpan.

2. Perubahan kedua adalah perubahan direktori home. Untuk melakukannya, diperlukan ketelitian dan kehati-hatian.. jadi, kalau tidak yakin.. tidak usah..😀

Peringatan!!! Matikan semua program berjalan. (quit)

Langkah pertama, tetap dari halaman Accounts, klik kanan pada user yang diinginkan, akan muncul pop up yang berisi detail dari user tersebut.

Untuk merubah direktori home, maka ubah field “Home Directory” di atas, sesuai yang diinginkan, misalhnya di situ tertulis “/Users/hihi” , maka ubah menjadi “/Users/haha” . Lalu, klik OK.

Pekerjaan belum selesai, masih ada satu tahapan lagi untuk bisa berhasil, yaitu merubah direktori user lama kita ke user baru. Jalankan terminal dan login ke root, dengan perintah “sudo su”. Anda akan dimintakan password, isi password yang sesuai.

Setelah masuk ke terminal root, maka ketik “mv /Users/hihi /Users/haha” yang akan merubah folder hihi menjadi folder haha. Setelah itu, selesai lah tugas kita..🙂

Langsung lakukan restart, dan semoga tidak ada masalah..😛

++++ Update ++++

Sehubungan merubah direktori home, hati2 terhadap aplikasi yang menggunakan absolute path.. karena saat mengganti direktori home, maka akan merubah akses.. sehingga kemungkinan akan ada beberapa aplikasi yang gagal loading.. kkk , kecuali aplikasi itu merujuk ke setting user.

Percobaan yg gua lakuin itu berhasil karena mac-nya masih baru.. fresh from oven..😀, sehingga memang belum ada aplikasi2 yg bergantung terhadap path absolut..

,

  1. #1 by Ahmad Fikri on November 11, 2014 - 8:10 pm

    Di perintah “sudo su” password yang harus dimasukan password yang mana? Kok ane nggak bisa ngetik apa” disitu?

    • #2 by havban on November 12, 2014 - 1:45 am

      Itu password user yang pertama kali dibuat.. atau user yang sedang digunakan, asalkan user tersebut punya akses administrator

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: