Cheonan Location


bismillah..

meski judulnya Cheonan, tapi gua bakal contohin pake Sun Moon University..

Gua pake program Shollu untuk ngingetin gua sholat di lab (windows based). Kalau di laptop, gua pake program Guidance (mac based). Yang paling gak enak itu saat disuruh menentukan posisi kita, karena Cheonan atau pun Sun Moon tidak tersedia dalam daftar. Yang harus kita lakukan adalah mengatur lokasi Longitude dan Latitude.. Berikut tampilan halaman utama Shollu:

Shollu Main Screen

Shollu Main Screen

Cukup unik.. kota default-nya adalah Yogyakarta.. mungkin yg bikin orang yogya nih..😀

Untuk mengganti kota tempat kita tinggal, pindah ke halaman “Prayer times”.

Setting Shollu

Setting Shollu

Kalo gua, biasanya pilih “World Islamic League” buat konvensinya.. Perbedaan di atnara ke 5 konvensi itu terletak pada penentuan waktu-waktu sholat dzuhur, ashar dan isya.. gak jauh beda, cuma beberapa menit *pernah sih sampe setengah jam*. Kalo waktu subuh dan maghrib.. mirip2.. paling beda 1 atau dua menit, ini hal krusial kalo menentukan waktu buka puasa.. hahaha….

Klik tombol “Select city” untuk memilih kota dalam daftar, sebuah window akan muncul, berisi daftar kota2 besar di dunia. Kalau kota kita tidak ada di sana… jangan kuatir, kita bisa menentukan sendiri.. Latitude dan Longitudenya.. *bahkan altitude*.

Pada field “Place name” ketik nama kota kita, sebagai contoh .. “Cheonan”. Sekarang.. cari posisi kota itu di peta, kalau gua sendiri pake wikimapia.org . Di situ kita bisa cari posisi kota kita atau lokasi gedung. Di bawah ini contoh mencari letak “Sun Moon University”.

Sun Moon University @ Wikimapia

Sun Moon University @ Wikimapia

Kemudian , klik lokasinya.. akan muncul detil dari tempat tersebut.

Sun Moon Detail @ Wikimapia

Di pojok kanan ada lokasi dari tempat tersebut. Format lokasi tersebut masih dalam bentuk derajat, menit, dan detik. Maka harus dilakukan konversi data menjadi bentuk desimal dengan program tertentu. Di http://www.fcc.gov/mb/audio/bickel/DDDMMSS-decimal.html kita bisa melakukannya.

Degree Conversion

Degree Conversion

Nilai derajat desimal itulah yg dimasukkan ke dalam setting shollu.

Dan selamat.. sekarang shollu sudah bisa menampilkan jadwal yang benar.. ^^..

gtg.. mau bukber di Seoul.. c u..

,

  1. Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: