gossip.. ghibah.. fitnah


bismillah..

Ngegosip

Ngegosip

Pengen share pengalaman dua hari puasa ini..

Hahaks… kita mulai dengan tertawa.

Sesuai judul, gua pengen bahas soal ghibah..

Hari pertama puasa, gua pas sore belanja ama temen. Sepanjang perjalanan ngomongin orang.. kkk.. mungkin karena gua seharian gak ngomong ama orang, sekalinya ketemu dia.. lepas..😛

Gua ngomong mulai dari hal gak penting sama cukup penting.. ketawa2.. ya gitu lah.. *kok gua ngerasa kayak ibu2.. :P*

Hari itu jg lagi agak excited.. karena… karena.. >< .. gak jadi deh..😀

Sampe kita tiba di pasar. Hari itu gua jg sebenernya lagi agak2 ngantuk.. kurang tidur. Bergadang semalaman.. hihi.. mengkhawatirkan seseorang.. jiah..

Sempet kepikiran.. ini kayaknya ghibah deh.. kkk… atau mungkin fitnah kalo ternyata gak bener. Tapi mau gimana lagi.. gua jg pengen update soal kabar temen2 and di kampus. Terpaksa.. sedikit2 kita nyebut2 nama.. haha.

dari sini … http://baitijannati.wordpress.com/2007/02/02/gosip-or-ghibah/

“Tahukah kalian apakah ghibah itu?, para sahabat menjawab, “Allah dan RasulNya yang lebih tahu” Lalu beliau melanjutkan “Yaitu kamu menyebut saudaramu dengan hal-hal yang ia tidak suka untuk disebut” lalu seseorang bertanya “ Bagaimana pendapatmu bila apa yang aku katakan itu ada pada diri saudaraku yang aku ceritakan? Beliau menjawab “ Bila apa yang kamu ceritakan itu ada pada diri saudaramu, maka kamu telah melakukan ghibah terhadapnya. Dan bila apa yang kamu katakan itu tidak ada pada diri saudaramu, berarti kamu telah mengada-ada tentangnya (menfitnahnya)” (H.R Muslim]

Tuh… hihi.. kalo ngomongin orang dan sesuai kenyataan jadinya ghibah. Kalau tidak sesuai kenyataan maka akan menjadi fitnah. Tentunya.. sesuai hadits di atas adalah hal-hal yang tidak disukai oleh sahabat untuk disebutkan..

Um.. tapi kalau penjahat gimana? hehe.. kalo itu jadi inget temen yg agak2 klepto.. atau.. mungkin ini teman orang laen.. *duh..memory gua tercampur sama memory beberapa tokoh film dan penulis buku.. :(* Yang dia itu kleptomania. Atau ada temen yang playboy or playgirl.. kita kan pengen ngingetin tentang kejelekan dia.. haha.. ini dia nih, kalo kata gua sih gpp.. asalkan kita tidak melebih-lebihkan waktu ngasih tau. Gak dibikin dia sejelek2nya.. manusiawi aja lah..

Hari kedua ini pun.. gua bangun tidur jam 1.30  siang.. wekeke.. tidurnya jam 6 pagi sih.. tapi hari ini cukup tidur.. alhamdulillah..

Pas bangun agak gimana gitu.. terus menyapa si D.. seneng.. hahaks..

Gua sempet ngomongin orang.. tapi.. akhirnya gua sadar, gua harus berhenti ngomongin orang.😀

Ada satu orang yg kita selalu omongin di berbagai kesempatan.. haha.. karena tingkah lakunya itu memancing kernyit di dahi. Ngeselin.. bingungin.. tapi kalo dipikir2.. kesian juga..😀

Kita suka ngomongin hal2 aneh yg dia lakukan.. kesalah2an sepele karena sikap sok tahunya.. dan bagaimana dia selalu menyembunyikan hal buruk2 tentangnya.. padahal terlihat jelas oleh kita. Dan yang lebih parah.. dia mengghibah lebih banyak dari si X.. kkk.. jadi ya.. ngeselin..😛

Pas temen gua lagi ngomongin.. gua bilang.. “Eh.. bu XXX” .. kkk.. temen2 gua pada nengok, ngeliat si itu dateng apa ngga..😀

Itu sudah cukup jadi bukti bahwa membicarakan orang itu tidak baik di belakangnya.. kalau ada hal jelek, coba bicarakan langsung dengan dia, dan jangan di depan umum, itu sama saja menjatuhkan martabatnya..

Um.. intinya.. coba jaga omongan kita yak.. pasti ada lah hal lain yg bisa kita omongin, tentang diri kita dan teman kita aja.. atau tentang hal-hal menarik yang kita alami.. tentang project.. tentang matematika.. tentang torrent.. *oke2.. ngaco* .. tentang wordpress jg..😀

Atau tentang contoh kebaikan2 dan teladan dari teman lain.. itu mungkin lebih baik ketimbang menggambarkan kejelekannya. Karena kalau sudah ada stigma negatif yg kita tanamkan ke seseorang, maka kita tidak akan bisa menilai secara objektif lagi. Semua berdasarkan penilaian awal, dan akan perlu waktu lama untuk dapat merubahnya. Terus akibat kita ngomongin orang tersebut, kalo ketemu ama orangnya.. jadi gak tenang, ada aja hal2 buruk yg menyapa.. takut dia tau kita ngomongin dia lah.. dan lain2..

As I know.. cewe butuh 20 rebu kata sehari untuk diucapkan.. kira sekitar segitu. Sedangkan cowo, perlu 7 ribu kata sehari atau kurang, untuk diucapkan. Jadi, sering kita lihat, setelah seharian bergosip ria, wanita masih ada waktu untuk berbicara di waktu makan malam atau memarahi tentang apa pun hal yang kurang sesuai. Mereka butuh cara untuk mengosongkan amunisi kata2 yg ada di dalam otak mereka.. secepatnya..😀 Itulah mengapa di neraka lebih banyak wanita, karena kebanyakan ngegosip.. kkk.. ada baiknya wanita menuangkan kata2 dalam bentuk buku harian atau blog.. itu lebih baik..🙂

Sedangkan para laki2.. sedikit sekali yang terucap, kadang cuma.. “mmm..” yg artinya iya. Atau bahkan cuma mengangguk. Itu karena dia telah habis berbicara di siang hari, malam pun tinggal kesunyian. Kalau dia berbicara.. bisa jadi hanya marah2.. karena pusing untuk bicara apa. haha…

Jadi.. tolong saling memahami antara pria dan wanita.. karena mereka tidak diciptakan sama, namun saling melengkapi.. ^^

, ,

  1. Leave a comment

Leave a Reply

