Migrasi email mailing list ke Gmail


bismillah..

Gua pernah kasih informasi soal keuntungan menggunakan Gmail dan Google Reader di my favorite apps..

Banyak banget keuntungan pake gmail.. mulai dari space yang guede abiz.. 7 Giga-an dan terus bertambah, koneksi yang cepat, penggunaan ajax sebagai interface sehingga mempermudah dan mempercepat akses di setiap interaksi. Gmail jg memiliki  POP3 gratis..tis.. jadi kita bisa sedot ke komputer lokal.

Baru-baru ini tampilan dari gmail jg mengalami perubahan dengan penambahan Theme, layaknya sebuah desktop komputer. Kita bisa pilih theme sesuai mood. Bahkan ada theme yang bisa menampilkan background image sesuai kondisi cuaca yang ada di kota kita, termasuk gambar siang dan malamnya.

Fitur gmail yang keren lainnya adalah pencariannya yang akurat *lebih akurat daripada yahoo* , filter yang powerful untuk menagani spam dan surat2 tak diinginkan, integrasi dengan aplikasi2 google lainnya, labelling yang keren abiz, attachment hingga 25 Mega.. dan masih banyak lagi.. ada tuh di Google labs.. bisa coba2 fitur yang masih eksperimental.

Ada satu fitur yang benar2 intuitif.. selain ajax tentunya.. Fitur threading. Dengan adanya threading ini, email2 yang dikirim dengan subject yang sama atau dalam satu bahasan topik yang sama akan ditampilkan dalam satu baris thread di inbox, layaknya forum. Dengan begini, kita bisa langsung ikutan topik yang sudah panjang abiz dibahas. Tinggal buka halamannya dan voila.. semua pesan yang baru belum pernah dibaca akan ditampilkan.

Picture 10

Gmail Inbox

Seperti terlihat di atas, surat2 yang masuk akan diatur untuk menempati topik yang sesuai.  Hal ini jelas mempermudah kita melihat hal-hal yang berhubungan dengan bahasan tersebut, dan langsung mengejar ketinggalan kita dengan seketika. Gak ada tuh yang namanya “belum baca” hehe.. wong ada semua di situ. Mantap kali fitur ini.. ^_^V

Contohnya ini..

Picture 11

Threaded View

Dari banyak email dikumpulkan jadi satu topik. Dengan begitu, jumlah baris yang ditampilkan di inbox jadi lebih sedikit dan bila ada pesan baru masuk, maka thread itu akan diletakkan di paling atas, jadi kita tahu mana pesan terbaru. Hal ini amat berguna bila kita ikut mailing list dengan jumlah posting per hari bisa ratusan atau bahkan ribuan. Karena hanya akan ada bebarapa puluh baris thread yang ditampilkan, ketimbang ratusan atau bahkan ribuan email tunggal.

Sekarang, bagaimana caranya memindahkan email yang dikirim dari mailing list jika kita ikut yahoogroups khususnya. Banyak yang enggan melakukan perpindahan account yahoogroup dari account yahoo miliknya ke account gmail. Padahal dengan gmail akan banyak keuntungan yang bisa kita capai. Berikut adalah tahapan2 migrasi account email dari yahoo ke gmail. Bisa juga pindah ke account lain, tapi.. sesuai judul dan keuntungan2 yang kita ketahui.. maka saya mencontohkan ke gmail..😀 Mereka menganggap harus mendaftarkan lagi email ini ke yahoo dan atas seizin administrator group, padahal dengan menambahkan settingan ini, kita sudah bisa merubah sendiri alamat penerima email.

Pertama.. buka halaman yahoo groups tempat mailing list anda berada. Lalu login dengan account yahoo, jika sudah akan ada halaman seperti ini, dengan “Edit Membership” di bagian kiri atas.

Picture 12

Yahoogroup Home page

Klik link “Edit Membership” tersebut, maka akan muncul halaman ini..

Picture 13

Edit Membership


Di sinilah kita bisa menggunakan daftar email yang telah ada… atau menambhkan email baru sebagai penerima pesan dari mailing list ini.

Jika kita belum punya satupun email alternatif, maka kita dapat klik “Add new email Address” di daftar “Email Address” . Dengan begitu, akan muncul halaman ini..

Picture 14

Add New Email

Setelah itu dilakukan, maka kita telah merubah alamat penerima mailing list tersebut. Dengan Gmail.. semua lebih mudah…😉

, , ,

  1. Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: