Personality Puzzle ..


Kadang gua juga gak ngerti kenapa gua yang sanguinis-melankolis atau mungkin melankolis-sanguinis ini menjadi begitu kerasnya atau bahkan begitu malasnya. Mungkin karena melankolis itu make mood jadinya sering merasa tertekan dan karena gua melankolis juga yang mampu dan senang menganalisa kemudian belajar menjadi tipe kepribadian yang lain. Kadang malah ngomel2 gak jelas, tapi emang sih gua masih sadar gak langsung ngambek gak ketulungan, masih mikir2 kalo marah kayak gini akibatnya apa, seberapa marah yang harus gua lakuin dan lain2. Contohnya waktu gua ketipu, gua juga sadar banget gua diminta uang, dan gua memberikannya dengan ikhlas deh..bahkan ada perasaan pengen tahu bagaimana rasanya kalo ditipu, perasaan yang aneh.. hehe…

Gua jelasin singkat kali ya.. Intinya ada 4 jenis karakter dasar, entah nanti apa lu bisa nemuin karakter lainnya, yaitu:

+ Sanguinis yang populer
“Mari lakukan dengan cara yang menyenangkan”

+ keinginan : bersenang-senang
+ kerperluan emosional : perhatian, kasih sayang, persetujuan, penerimaan
+ kekautan kunci : bisa bicara tentang apa saja, kapan saja , dan di mana saja dengan atau tanpa informasi. Punya kepribadian yang bergairah, optimisme, rasa humor, kemampuan bercerita, menyukai orang lain.
+ kelemahan kunci : tidak terorganisasi, tidak bisa mengingat perincian atau nama, membesar-besarkan, tidak serius tentang apa pun, mempercayakan kepada orang lain untuk melakukan pekerjaan, terlalu mudah ditipu dan kekanak-kanakan.
+ menjadi tertekan kalau ; kehidupan tidak menyenangkan dan rasanya seperti tidak ada seorang pun yang mencintai mereka.
+ takut kepada : kemungkinan tidak disukai atau bosan, harus hidup mengikuti waktu atau mencatat uang yang dipakai.
+ menyukai orang yang : mendengarkan dan tertawa, memuji dan menyetujui
+ tidak menyukai orang yang : mengkritik, tidak menanggapi humor mereka, tidak berpikir bahwa mereka lucu.
+ berharga dalam pekerjaan : untuk kreativitas yang warna-warni, optimisme, sentuhan ringan, menggembirakan orang lain, menghibur
+ bisa meningkat kalau : mereka diorganisasikan, tidak bicara terlalu banyak dan belajar mengetahui waktu.
+ sebagai pemimpin mereka : menggembirakan, membujuk dan mengilhami orang lain, memancarkan pesona dan menghibur, tetapi mudah lupa dan kurang baik dalam bekerja sampai tuntas.
+ cenderung mengawini : orang melankolis yang sempurna yang sensitif dan serius, tetapi orang sanguinis yang populer cepat lelah karena keharusan menggembirakan mereka sepanjang waktu, serta dibuat merasa kurang layak dan bodoh.
+ reaksi terahadap stres : meninggalkan gelanggang, pergi berbelanja, mencari kelompok yang bergembira, menciptakan dalih, menyalahkan orang lain.
+ dikenali dengan : kebiasaan suka bicara terus-menerus, suara keras, mata bersinar-sinar, tangan yang digerak-gerakkan, pernyataan yang warna-warni, antusiasme, kemampuan mudah bergaul.

+ Melankolis yang sempurna
“Mari kita lakukan dengan cara yang benar”

+ keinginan : mendapatkan apa yang benar.
+ kebutuhan emosional : rasa kestabilan, ruangan, ketenangan, kepekaan, dan dukungan.
+ kekuatan kunci : kemamapuan mengoraganisasi, menetapkan tjuan jangka panjang, memiliki standar dan idealisme tinggi, menganalisis secara mendalam.
+ kelemahan kunci : mudah tertekan, perlu wktu terlalu banyak untuk mempersiapkan, terlalu memusatkan perhatian pada perincian, mengingat hal-hal yang negatif, mencurigai orang lain.
+ menjadi tertekan kalau : kehidupan tidak beres, standar tidak terpenuhi, dan rupanya tidak ada orang yang peduli.
+ takut kepada : kemungikinan tidak ada seorang pun yang memahami bagaimana mereka sesungguhnya merasa, membuat kesalahan, harus mengkompromikan standar.
+ menyukai orang yang : serius, cerdas, mendalam, dan akan melangsungkan percakapan yang masuk akal.
+ tidak menyukai orang yang : kelas teri, pelupa, terlambat, tidak terorganisasi, pulasan, suka bohong, dan tidak bisa diramalkan.
+ berharga dalam pekerjaan : untuk rasa perincian, menyukai analisis, mengikuti sampai tuntas, unjuk kerja standar tinggi, belas kasihan kepada orang yang menderita.
+ bisa meningkat kalau : merka tidak menganggap kehidupan terlalu serius dan tidak memaksa orang lain menjadi perfeksionis.
+ sebagai pimpinan mereka : mengorganisasi dengan baik, peka terhadap perasaan orang lain, mempunyai kreativitas yang mendalam, menginginkan unjuk kerja bermutu.
+ cenderung mengawini : orang sanguinis yang populer untuk kepribadian mereka dan keahlian sosial mereka, tetapi segera berusaha mengurung mereka dan memaksa mereka mengikuti jadwal, menjadi tertekan kalau mereka tidak menanggapi.
+ reaksi terhadap stres : menarik diri, menekuni buku, menjadi tertekan, menyerah, menceritakan masalah.
+ dikenal dengan : keseriusan, sifat perasa, cara pendekatan yang sopan, komentar yang menyalahkan diri sendiri, penampilan yang rapi dan terawat bai (kecuali intelek yang hippy, musikus, penyair, yang merasa bahwa perhatian terhadap pakaian dan penampilan merupakan keduniawian dan menyimpang dari kekuatan batin).

+ Koleris yang kuat
“Mari kita lakukan dengan cara saya”

+ keinginan : memiliki kontrol.
+ kebutuhan emosional : rasa kepatuhan, hormat kepada pencapaian prestasi, penghargaan untuk kemampuan.
+ kekuatan kunci : kemampuan menguasai apa saja dengan seketika, membuat penilaian yang cepat dan tepat.
+ kelemahan kunci : terlalu suka memerintah, mendominasi, otokratis, tidak perasa, tidak sabaran, tidak mau mendelegasikan atau menghargai orang lain.
+ menjadi tertekan kalau : kehidupan lepas kendali dan orang tidak melakukan pekerjaan dengan caranya.
+ takut kepada : kemungkinan kehilangan kontrol atas apa saja, seperti kehilangan pekerjaan, tidak dipromosikan, jadi sakit keras, punya anak yang melawan atau teman hidup yang tidak mendukung.
+ menyukai orang yang : mendukung dan patuh, melihat segala hal dengan caranya, mau bekerja sama dengan cepat, dan membiarkan mereka menerima pernghargaan.
+ tidak menyukai orang yang : malas dan tidak tertarik dengan bekerja terus menerus, yang melawan wewenang merka, lebih suka mandiri, atau tidak loyal.
+ berharga dalam pekerjaan : karena mereka bisa menyelesaikan pekerjaan lebih banyak daripada siapa pun lainnya dalam waktu yang lebih singkat dan biasanya selalu benar, tetapi bisa menimbulkan kesulitan.
+ bisa meningkat kalau : merka membiarkan orang lain membuat keuptusan, mendelegasikan wewenang, menjadi lebih sabar, tidak mengharapkan setiap orang menghasilkan sebanyak mereka.
+ sebagai pimpinan mereka : punya persaan yang alami untuk memimpin, firasat yang cepat tentang apa yang akan berjalan, dan keyakinan yang tulus akan kemampuan mereka untuk mencapai prestasi tetapi bisa membuat orang yang kurang agresif kewalahan.
+ cenderung mengawini : orang melankolis yang sempurna yang diam-diam akan patuh dan tidak melawan wewenang, tetapi yang tidak mencapai prestasi cukup banyak atau bergairah tentang proyek mereka.
+ reaksi terhadap stres : megetatkan kontrol, bekerja lebih keras, berlatih lebih banyak, menyingkirkan pelanggar.
+ dikenali dengan : cara pendekatan gerak cepat, merebut kontrol dengan cepat, kepercayaan diri, sikap yang selalu gelisah dan menguasai.

+ Plegmatis yang damai
“Mari kita lakukan dengan cara yang mudah”

+ keinginan : tidak menghadapi konflik, menjaga perdamaian.
+ kebutuhan emosional : rasa hormat, rasa diri berharga, pengertian, dukungan emosional.
+ kekuatan kunci : keseimbangan, disposisi yang merata, rasa humor yang kering, kepribadian yang menyenangkan.
+ kelemahan kunci : kurang memiliki kepastian, antusiasme, dan energi, tidak ada cacat kentara selain kemauan baja yang tersembunyi.
+ menjadi tertekan kalau : kehidupan penuh pertikaian, mereka harus menghadapi konfrontasi pribadi, tidak ada orang yang menginginkan bantuan, tanggung jawab diberikan kepada mereka.
+ takut kepada : keharusan berurusan dengan masalah pribadi besar, ditinggalkan memegang kantung, membuat perubahan besar.
+ menyukai orang yang : mau membuat keputusan untuk mereka, mau mengakui kekuatan mereka, tidak mau mengabaikan mereka, mau memberi mereka penghargaan.
+ tidak menyukai orang yang : terlalu memaksa, terlalu ribut, dan mengharapkan terlalu banyak kepada mereka.
+ berharga dalam pekerjaan : karena mereka mau diajak bekerja sama dan mempunyai pengaruh yang menenangkan, menjaga perdamaian, menjadi penengah antara orang-orang yang bermusuhan, memecahkan masalah secara obyektif.
+ bisa meningkat kalau : mereka bisa menetapkan tujuan dan bisa memotivasi diri sendiri, mereka bersedia melakukan pekerjaan lebih banyak dan bergerak lebih cepat dari pada yang diharapkan, dan bisa menghadapi masalah mereka sendiri sebaik mereka menangani masalah orang lain.
+ sebagai pemimpin mereka : tetap tenang, santai, dan teguh, tidak membuat keputusan secara impulsif, disukai dan tidak menyinggung perasaan, tidak menimbulkan kesulitan, tetapi, tidak sering menghasilkan gagasan baru yang cemerlang.
+ cenderung mengawini : orang koleris yang kuat karena menghargai kekuatan dan kepastian mereka, tatapi kemudian orang yang suka damai ini bosan didesak-desak dan dipandang rendah.
+ reaksi terhadap stres : bersembunyi, menonton televisi, makan, melarikan diri dari kehidupan.
+ dikenali dengan : cara pendekatan yang tenatng, postur yang santai, duduk atau menyandar kalau keadaan memungkinkan.

— diambil dari buku “personality puzzle” (teka-teki kepribadian)

  1. Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: