Kuburan… hiii…


Basmallah
Kuburan…

Serem ya…
Kemaren baru ajah dari kuburan nyai (pen:nenek) gua. Di daerah tegal alur, pemakaman umum.

Luas juga ya, dan cukup sulit jauh juga jalan ke dalamnya.

Tak ada yang perlu ditakuti dari kuburan, malah kita harusnya mungkin lebih sering ke kuburan. Tempat kita akan beristirahat hingga nantinya kita dibangunkan untuk menghadapi pengadilan di Akhirat nanti.

Yang aneh adalah bahwa orang meninggal saja harus bayar. Peraturan baru di jakarta menghendaki bahwa orang yang dikubur harus membayar retribusi bulanan yang sebenarnya tidak terlalu mahal, tapi dalam prakteknya dilakukan manipulasi sehingga harga tinggi adalah hal yang harus dijumpai. Gua khawatir kalau gua lupa, nanti makam dari nyai gua itu digusur, semoga tidak.

Ada dua orang yang dimakamkan di pemakaman itu, yaitu nyai gua dan encang perempuan (bibi) gua. Beda hanya 3 minggu kepergiannya. Encang gua meninggal tanggal 30 oktober dalam usia 57 tahun, dan nyai gua meninggal tanggal 21 dalam usia 105 tahun. Engkong (kakek) gua dikubur di tanah sendiri, tanah yang sedianya akan digunakan sebagai kuburan, tapi dijual oleh salah satu sodara bapak gua, akhirnya hanya sepetak untuk memuat engkong gua yang bisa disitu, dan nyai gua dikubur terpisah deh.

Kuburan kemaren luas sekali, dan mengingatkan gua tentang padang mahsyar yang kiranya lebih luas lagi. Semua orang dari segala tempat dan berbagai zaman berkumpul, ramai sekali. Semua meneriaki keadaanya, atau malah terdiam menghayati sekeliling. Keadaan yang amat menakjubkan nantinya meski menakutkan juga.

….

  1. Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: