php and friends…


Basmallah

Gak pernah nyangka gua udah bisa masuk ke kampus ini hingga hari ini, bertahan dan terus berjuang. Masa-masa muda gua bakalan berakhir bentar lagi, paling ngga sampe setahun gua udah lulus dan kerja tuh… (ceileh.. sok tua lu…)

Kehidupan yang penuh dengan tantangan…

Gua bisa apa ya?
Itu yang jadi misteri. Sejujurnya gua ampe sekarang ini masih bingung gua mau spesialisasi di mana, soalnya yang namanya komputer itu terus berkembang dan berubah terus setiap waktu, yang gak ada jadi ada, dan yang ada jadi gak penting, pokoknya kayak gitu deh..
Sekarang sih yang paling banyak gua jelajahi adalah php, proyek2 yang gua jalanin itu pada make php nih sekarang, seru juga kali yah jadi master php, tapi tahu apa gua, itu lagi, gua aja ampe sekarang belum pernah nginstal server, php dan database secara terpisah, males sih hehe.. Katanya sih gampang, tapi ya, maless susah emang. hehe..

Xampp yang gua pake, kepanjangan dari “X Apache MySQL Php Perl” nah yang X itu bisa diganti ama L alias Linux, atau W alias Windows. Di situ dari segi sekuritas sih udah bagus, cuma tinggal ditambah password untuk login ke database. Selebihnya mantap lah, bahkan ada control panelnya, bisa di lihat di xampp.org .

Ini nih list proyek, atau paling gak mendekati proyek yang gua pernah atau sedang kerjain sekarang :

  1. Basdat proyek, kita ngebuat situs untuk manajemen knowledge dari suatu organisasi, meski pada akhirnya kita gak selese, dan gua membuat sedikit clash diakhir dengan salah satu anggota (gua ketua waktu itu), tapi berakhir dengan cukup baik, nilai yang kita dapetin gak parah2 banget B sih kalau gua gak salah. Proyek itu menggunakan Oracle sebagai database, trus ya gitu deh… hehe… Masih awam banget gua waktu itu, blum tahu ama yang namanya framework yang akan memudahkan kita dalam mengerjakan sistem bersama-sama. Dan masih awam banget ama taktik dalam query dan juga fitur2 didatabase.
  2. PPL proyek, dikerjakan bersama2 dengan menggunakan framework mojavi, gua akhirnya mulai mengenal mahluk yang bernama framework, lama juga baru bisa bikin kodingan yang sesuai, tadinya gua cuma copy-paste dari yang ada. Sekitar dua mingguan baru bener-bener bisa ngoding, itu pun masih belum semuanya paham.
  3. PJA proyek, ini nih rencananya jadi Kerja Praktek gua, salahnya gua gak bilang ama PA dari awal kalo gua bakalan kerja praktek, dan gua jarang masuk lagi, padahal di sana status gua sebenarnya adalah sedang magang. Proyek ini nampak seperti melakukan konversi dari sistem yang sifatnya client server menjadi web, gua pikir bakal mudah, tapi akhirnya gak cuma jadi dua modul dengan belum dites yang dikerjakan dalam waktu dua bulan. Gua sempet make framework Makara yang buatan si Jefri, tapi akhirnya gua pindah ke Prado yang mirip gitu ama .NET Framework. Seru juga tapi sering bingung sendiri karena yang diharapkan sering gak sesuai dengan yang ditampilkan, salah konsep sih…. Di sini gua gak ngerasa enakan gitu di kantor, nggak tahu kenapa.. Trus ada orang yang kerjaannya seperti ngetes gua gitu, gak suka dah ama ni orang, dan juga dari pimpinan proyeknya gak tampak terlalu banyak cingcong ama gua, di OK2 aja atas yang gua lakuin, itu yang bikin gua bingung mau ngapain. Tapi banyak banget pelajaran yang gua dapetin dari pengerjaan proyek ini, dan gua pake ilmunya untuk ngerjain proyek yang lain.
  4. Dahlia proyek, Ini proyek yang sedang berjalan yang sempat gua gak ambil dan dikasih ke orang lain karena gua waktu itu sedang mengerjakan proyek PJA, akhirnya gua join lagi karena waktu yang mepet dan progress yang belum kesampaian. Gua bergabung di bulan ketiga, di dekat deadline ini. Alhamdulillah modul yang diharapkan selesai tepat waktu gua selesein fungsionalitasnya, tapi emang validasi input dan testing belum lengkap. Ilmu dari PJA gua pake di sini, dan TADA… mantap kali hasilnya, pekerjaan jadi lebih cepat selese dengan banyak efisiensi di sana sini… OK deh kaka..
  5. Peka proyek, proyek yang gua dapetin dari MT (Mitra Teknologi), lebih tepatnya gua ngebantuin orang nyelesain skripsinya. Di sini ini gua bikin sistem untuk reporting dan manajemen presensi kuliah, masih gak ada progress sejak minggu lalu, padahal minggu ini dah harus selesai input dan tampilan, paling gak udah bisa ada tampilan reportingnya.. Semangat ne… Allahu Akbar (Kalimat yang jarang sekali gua ucapin dengan lantang sekarang ini)

Itu yang pernah gua kerjain dan lagi dikerjain…
Makin banyak kerjaan di PHP makin jago kan… =)

Wassalamu’alaykum

  1. #1 by Leo on December 5, 2006 - 3:06 pm

    PHP oh PHP
    yg bikin IP gw turun.

    Ada yg pernah nanya ke gw
    “R u a programmer?”

    setelah dipikir pertanyaan itu, gw jawab
    “no, i am a natural philosophyst.”
    selamat tinggal php T_T

    asik juga sih bisa melakukan sesuatu sendirian dan bermanfaat bagi org banyak.

    btw kalo gw lebih suka EasyPHP.
    Lebih ringan n udah Sesuai kebutuhan gw.

  2. #2 by Hidayat Febiansyah on December 12, 2006 - 4:34 am

    jangan salahin php dong Yo, nanti marah lo bapaknya…

    hehe… TOo MUch loving PHP ya??

Leave a Reply

