Permainan Tradisional (3) : Galasin (Galah Asin / Gobak Sodor)


bismillah..

Permainan tradisional kali ini biasa disebut Galasin d daerah saya. Dulu sempat berpikir mungkin ini ada hubungannya dengan galaksi, karena memiliki keteraturan penempatan dan sebagainya.. Tapi ternyata, Galasin berasal dari frase Galah Asin .. Galah karena para pemain dari tim yg “jaga” berusaha meraih sejauh mungkin dengan tangannya supaya bisa menyentuh pemain dari tim lawan. Jadinya mirip galah… Hehe. Kalau ada yang belum tahu galah itu apa, ini adalah gambarnya.

src:http://1.bp.blogspot.com/_V2vJVnqqX6c/R9uO6XySEdI/AAAAAAAABhg/vVo4vwvf7PY/s400/How+it+is+used.jpg

Galah itu biasanya digunakan untuk meraih buah yg ada di puncak pohon.

Permainan dimulai dengan pembagian tim melalui gambreng. Setelah terbagi dua kelompok, maka dua tim akan suit untuk menentukan siapa yang akan “jaga”.

O ya.. Sebelum dimulai, lapangan permainan harus disiapkan. Biasanya,untuk kemudahan..kita menggunakan lapangan bulu tangkis. Intinya, ada beberapa zona atau lapisan yang memiliki penjaga. Dan ada satu pemain dari tim yang jaga menjadi selosor..

Lapangan bulu tangkis dapat digunakan.. seperti ini..

src: http://4.bp.blogspot.com/_sS3rEue_QSI/TNuQExyLg0I/AAAAAAAAAAM/bd5ITRN-TRM/S780/badminton-court-300.gif

Lapangan akan dibagi2 menjadi beberapa bagian secara melintang.. seperti level dalam permainan dan secara membujur.. yg akan membelah daerah permainan menjadi dua.. sebagai jalur yang akan dilalui oleh sang “selodor”.. akan dijelaskan lebih detil setelah ini.

Pemain yang berjaga akan mengisi baris2 melintang di lapangan …seperti berlapis2. Kita biasanya mengisi strategi bahwa lapisan terakhir dan paling awal akan diisi oleh orang yang paling panjang tangannya.. ini karena dua lapisan itu adalah yang paling penting. Lapisan terakhir menentukan apakah lawan dapat keluar dari lapangan dan lapisan pertama menentukan apakah lawan dapat masuk ke lapangan. Jumlah level atau garis melintang akan sama dengan jumlah pemain di satu tim. biasanya.. antara 3-6  orang. Kalau makin banyak. .maka lapangannya akan semakin besar.

Satu orang spesial .. dari tim yang berjaga.. disebut “selodor” .. dia membelah lapangan permainan jadi dua.. bisa bergerak dari ujunng ke ujung. Mengunci lawan dalam satu kotak adalah salah satu kegunaan utamanya. Dia juga bisa secara tiba2 menyerang pemain yang sedang bengong.. hihihi… Posisi selodor ini adalah posisi terpenting ketiga setelah penjaga depan dan belakang.

Pemain yang tidak berjaga akan berusaha untuk masuk ke dalam lapangan, lalu melewati semua level dan keluar dari ujung satunya lagi.. dan kemudian berusaha kembali untuk bisa melakukan asin.. alias gol… gua lupa istilahnya.. “gem” mungkin. Pokoknya gitu deh..

Saat salah satu pemain lawan dapat melakukan goal itu.. maka satu babak selesai.. dan yang tidak berjaga menang.. mendapatkan nilai.. dan kemudian permainan diulang lagi tanpa ada perubahan posisi berjaga.

Pemain yang tidak berjaga kalah bila ada salah satu anggotanya tersentuh oleh yang berjaga atau bila salah satu pemainnya keluar dari lapangan sebelah kiri atau kanan. Bila satu kaki saja yg keluar.. itu tak apa.. tapi bila dua2nya.. berarti dia keluar.. *ini taktik hehe* Saat pemain yang tidak berjaga kalah.. maka posisi akan berganti, yg tidak berjaga menjadi jaga dan sebaliknya.. dan permainan diulang.

Bila pemain yang tidak berjaga terkurung.. dan tidak bisa lepas.. maka dia boleh menyerah.. dengan begitu, timnya kalah.

Yup.. begitulah cara permainannya.. :D

O ya.. ada satu aturan lagi.. pemain yang sedang tidak berjaga.. tidak boleh menggolkan sebelum semua rekannya pernah masuk ke dalam lapangan dalam satu babak. Jadi, kalau ada satu saja pemain yang belum masuk ke lapangan.. maka tidak boleh menggolkan.

Berikut adalah gambar dari lapangan galasin.. berikut dengan posisi para penjaga dan yg tidak berjaga.

Gua biasa bikin lapangan permainan ini di jalanan depan rumah.. dengan menggunakan air sebagai pembuat garis.. ^^ seruuu banget.. main sama Mpok2 gua.. waaaa.. kangeeeeen…

kalau dibelakang rumah.. biasanya make lapangan bulu tangkis.. tapi pesertanya terbatas.. paling banyak 5 orang satu tim.. kalau di depan rumah.. bisa 8 kayaknya.. :D

Berikut adalah gambar2 penjelas lain dari blog2 lain.. ternyata di malaysia jg ada.. namanya “galah panjang”.

src: http://dprangga.blogspot.com/2010/08/galah-panjang-adalah-sejenis-permainan.html

dan ini.. yang menggambarkan secara detail bagaimana membuat lapangan yg “ideal” untuk permainan galasin .. :)

src: http://www.klue.com.my/articles/2918-How-To-Main-Galah-Panjang

Tapi kayaknya yg ini sadis.. satu garis dua orang.. hahahahahaha… gak bisa dah gua..

About these ads

,

  1. Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 1,168 other followers

%d bloggers like this: