Permainan Tradisional (1) : Tak Benteng (Bentengan)


bismillah..

Permainan ini biasa gua mainin waktu kecil dulu. Di tempat gua namanya Tak Benteng.. di tempat lain kayaknya disebut Bentengan..

Permainan yg cukup enerjik.. lari ke sana ke mari.. :)

lalu.. saling towel menowel.. hahaha

konsep dari Tak Benteng cukup sederhana.. Saling berusaha menyentuh benteng masing2 (pos) yang bisa berupa tiang, pohon, meja, atau apa saja yg bisa dijadikan patokan. Ada dua tim yg berlomba untuk menjadi yg pertama kali menyentuh benteng lawan di setiap ronde.. yang paling banyak menyentuh di akhir permainan, itulah pemenangnya.

Diawali dengan pembagian kelompok, seringnya sih kita pakai gambreng untuk mengundi anggota2 tim. Kemudian tim2 itu akan pergi ke masing2 benteng yang telah mereka sepakati.

Setiap anggota tim akan berusaha untuk bisa menyentuh benteng lawan, sambil ada juga yg berjaga2 di bentengnya. Semakin banyak anggota permainan, semakin menarik.. 10 lawan 10 misalnya.. huehue.. tapi nanti ribet nentuin siapa yang “asin”.. nah.. istilah asin ini.. ada pengertiannya. Asin artinya orang yg lebih dulu lepas tangan dari benteng.. jadi.. aturan dasar dari tak benteng adalah..

Orang yang paling terakhir kali menyentuh benteng adalah orang yang paling kuat..

Saat lu disentuh orang yg lebih kuat, lu akan jadi tawanan, dan disuruh memegang benteng lawan.. sampai akhirnya satu ronde selesai atau lu disentuh oleh temen lu. Tangan panjang sangat penting di sini.. terutama kalo tangannya sampe bisa nyentuh benteng lawan tanpa lepasin tangan dari benteng sendiri.. hahaha.. puanjang tenan…

Kalo lu lebih awal lepasin tangan dari benteng lu.. maka lu yg asin, dan jadi tawanan saat tersentuh yg lebih kuat.

Main tak benteng gak cuma ngandelin kecepatan, tapi juga taktik jitu.. :D

kita biasa pakai yg namanya “kakak tua” .. ini adalah istilah untuk umpan. Biasanya kita pilih orang yg paling gesit.. dia akan maju paling dekat dengan lawan dan memancing lawan2 untuk menjauh dari benteng..

Saat mereka mengejar si kakak tua..maka temannya akan berusaha untuk mencari celah mendekat ke benteng lawan.. kalau perlu bikin serbuan.. hehehe

Ada lagi kalanya.. satu orang menghilang.. dan tau2.. menyentuh benteng dari belakang.. hahaha

Permainan ini benar2 tanpa modal.. lu bisa maen di mana aja.. dengan lapangan sebesar apa pun..

Gua biasanya sih kalo gak jadi penjaga benteng.. jadi backup, misalnya temen gua kesentuh.. gua bakal ngejar orang yg nyentuh.. dan meski gua gendut.. gua kuat kok lari… :P

Kita biasanya pake pohon kedondong dulu itu.. atawa tiang listrik. Berusaha untuk meminimalisir ukuran benteng.. supaya sulit disentuh. Penting jg memilih yg belakangnya tembok.. jadinya musuh gak bisa menyusup dari belakang.

Kangen ama moment2 itu.. gua maen bareng mpok2 dan temen2 SD gua.. di SMP masih sempet maen.. tapi SMA.. gengsi dunk.. huehue

Permainan tradisional ini jauh lebih menarik dan manfaat dibanding game2 komputer jaman sekarang.. na’udzubillah deh kalo nanti anak gua jadi maniak game komputer..

Permainan ini ngelatih fisik, kerja sama, juga soal kejujuran… karena elu musti jujur kalo lu mang asin.. heheh

Gua pengen banget maenin ini di Korea.. sekalian perkenalan budaya Indonesia… :) one day.. for sure.

berikut adalah video penjelasan dan screen shot tentang tak benteng.. enjoy.. ;)

About these ads

,

  1. #1 by eka on May 2, 2011 - 8:55 pm

    thx for information…

    • #2 by havban on May 2, 2011 - 9:02 pm

      yo.. sama2 sis.. :)

  1. Permainan Tradisional(2) : Tak Jongkok « Hidayat Febiansyah in block
  2. Permainan Tradisional (3) : Galasin (Galah Asin / Gobak Sodor) « Hidayat Febiansyah in block

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 1,168 other followers

%d bloggers like this: